Sonni Lahagu, SE Ketua GNPK-RI Nias, Di BAP Atas Laporannya Tentang Dugaan Korupsi ADD/DD Kades Hiligodu

Nias (SMS) -Jumat( 22/3) -Disekretariat Jalan Diponegoro No.317A Kota Gunungsitoli, Sonni Lahagu, SE Ketua GNKP-RI Kabupaten Nias memaparkan kepada wartawan………dan tim bahwa Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Pencegah Korupsi Republik Indonesia( Ormas GNPK-RI) Kabupaten Nias Telah telah melaporkan resmi di Polres Nias Dugaan Pelaksanaan ADD/DD TA.2018 Desa Hiligodu Botomuzoi Kecamatan Botomuzoi Kabupatem Nias tertanggal 14 Pebruari 2019, urainya.

Lanjut ketua Sonni, sebulan berjalan, saya di undang di satreskrim.polres Nias tepat di unit III sebagai tindak lanjut laporan kami Ormas GNPK-RI tepat pukul 10.00 wib 2019 tanggal 14 Maret 2019.

Tambah ketua GNPK- RI, Dugaan Korupsi ini berpusat pada dugaan: menggelembungkan dan mark-up jumlah dan harga bahan material pada RAB dan gambar, dugaan fiktif pada pelaksanaan pada fisik ADD/DD banyak yang tidak terlaksana namun ada pada RAB. Dugaan Penggelembungan semen, besi, batu, kerikil dan diduga ada penipuan kepada pemilik bahan material.Dugaan Pengadaan aspal dalam RAB sebanyak 3240 kg dan yang sudah terpakai hanya 2340 kg, tegas.

Akibat terjadinya dugaan indikasi korupsi diperkirakan kira-kira kurang lebih Rp.250.000.000,- dugaan korupsi.

Harapan kami Ormas GNPK-RI penerima kuasa masyarakat pelapor harapkan ada tindak lanjut dari polres Nias dan Inspektorat kabupaten Nias serta keseriusan dalam penuntasan dugaan korupsi didesa Hiligodu Botomuzoi, yang notabene diduga dilakukan oleh Kepala desa Hiligodu atas nama Faosiaro Lase dan TIM Pelaksana Kegiatan, dan ditahapan penyelidikan dan penyidikannya kami siap menghadirkan para saksi-saksi terkait laporan ini.

Tembusan surat Laporan ini, kami sampaikan kepada KPK-RI, Kapolri, Kompolnas, Kajatisu, Bipati Nias, DPRD Nias, Inspektorat Nias, Camat Botomuzoi, Ormas GNPK-RI pusat dan Sumut, dengan tujuan, kami harapkan penuntasan kasus korupsi dan kepastian Hukum, Sonni mengakhiri.( TIM-RED)

Tinggalkan Balasan